SAYANGI KULITMU JAUHI KANKER KULIT

Assalamu'alaikum ..
halo saudara-saudara ..
dah lama nih kita nggak jumpa yaa..
yakk.. siang ini kita bahas tentang kanker kulit ya.

Aku yakin temen-temen sudah banyak yang pernah mendengar tentang penyakit kanker kulit. Menurut temen-temen, gimana tuh penyakit kanker kulit ? Kalau di Indonesia kayaknya belum sampai ada korban meninggal ya akibat penyakit ini ?Alhamdulillah ..
Oke kita ulas ya .. kanker kulit adalah suatu sebab dan akibat, dan itu sudah barang tentu !
Kanker kulit adalah penyakit yang ditandai dengan bercak-bercak hitam pada lapisan epidermis kulit yang timbul akibat inflamasi atau peradangan pada sel-sel kulit yang menyusunnya.
Timbulnya kanker kulit terutama dipicu oleh radiasi sinar ultraviolet (UV) baik yang gelombang panjang (UVA, panjang gelombangnya sekitar 320-400 nm) maupun gelombang sedang (UVB, panjang gelombangnya sekitar 290-320nm). Bedanya, radiasi sinar UV tipe A lebih cenderung sebagai pemicu kanker kulit daripada UVB, meskipun UVB juga membuat kulit , radang dan terasa sangat nyeri. Selain sinar UV, sinar radiasi juga memiliki peluang menjadi pemicu kanker kulit ini.
Nah sekarang kita beranjak ke ciri-ciri kanker kulit. Menurut para ahli medis, kanker kulit memiliki tingkat keganasan yang berbeda-beda. Namun secara umum ciri-ciri kulit yang terserang sel kanker adalah sebagai berikut :
Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:
1. Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri
     dan kanannya terlihat berbeda.
2. Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur
     yang kasar.
3. Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah
     dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya.
4. Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.
5. Bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda
     bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya.
     Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan
     bentuk, warna, atau bahkan ukuran.
6. Benjolan tersebut terasa nyei da sakit apabila tersentuh

Begitulah kira-kira ciri dari kanker kulit, kalau dari kalian ada yang memiliki ciri-ciri tersebut lebih baik segera check up ke dokter supaya lekas mendapat penanganan yang tepat. 
Nah ini sekedar info tambahan buat kalian, cara alternatif untuk meringankan penyakit semi-ganas yang satu ini haha.. Ini info Insya Allah akurat kok dari wikipedia.org.id
Untuk terapi kanker kulit, hendaknya :
1. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat-zat kimia termasuk gula pasir dan air mineral.
2. Hindari segala bedak dan handbody lotion yang terbuat dari zat kimia.
3. Hindari terkena sinar matahari secara langsung diatas jam 9 pagi.
4. Minumlah suplemen yang mampu membersihkan kotoran yang melekat di dinding usus (colon cleanshing). Dalam hal ini yang terbaik, terenak dan termurah adalah kolak waluh (labu parang) tanpa santan. Yang perlu diingat dalam mengonsumsinya harus ditambah air jeruk nipis. minumlah 2 gelas sehari.
5. Buatlah suplemen yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan, seperti juss dari buah tomat sayur, buah anggur, buah wortel, dan taoge kacang hijau. Untuk pembuatan juss, sebaiknya di blender selama 20 menit, jangan berhenti. Tujuannya adalah agar ada injeksi oksigen ke dalam juss. Karena itu harus langsung diminum habis, jangan dibiarkan lam karena oksigennya bisa menguap lagi. Minumlah 2 gelas sehari.
6. Buatkanlah rebusan herbal yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan. Herbal ini antara lain daun benalu mangga, daun benalu teh, daun sukun, daun tapak dara, daun mahkota dewa, temu putih , dll. Minumlah 2 gelas sehari.
7. Buatkanlah rebusan herbal yang lebih keras dari pada di atas, Bisa menggunakan mahkota dewa, pace, jintan hitam, dll. minumlah 2 gelas sehari.
8. Buatkanlah bedak dari keladi tikus, ketela pohon tahunan yang beracun. Balurkan bedak ini ke kankernya, 4 - 5 kali sehari.
9. Lakukanlah senam ayun tangan, 30 menit sehari.

Kalau buat kalian yang lebih suka sedia payung sebelum hujan, nih ada tips lagi. aku suka deh sama kalian yang lebih memilih pencegahan daripada pengobatan. 
Pencegahan kanker kulit 
Anda bisa mengurangi peluang menderita penyakit ini dengan menghindarkan kulit agar tidak terpapar langsung sinar ultraviolet, meski kemunculan melanoma tidak selalu bisa dicegah. Salah satu pencegahan kanker kulit yang mudah dilakukan adalah gunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

Yah sekian info siang ini semoga bermanfaat ya.. yuk jaga kulit kita dari serangan sel-sel kanker yang berbahaya.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Artikel ini disusun dengan meninjau dari :


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

HARGAILAH SEBUAH KETULUSAN HATI

Mengembangkan Potensi Diri dengan Mengenali Diri Sendiri